18 Feb 2013

PNPM Perdesaan

PNPM Perdesaan

PNPM Perdesaan 1Pnpm Perdesaan merupakan salah satu program pemerintah nasional yang betujuan memberdayakan masyarakat kurang mampu khususnya di daerah pedesaan yang bisa dibilang masih tertinggal, mempunyai tingkat ekonomi rendah, dan masih mempunyai potensi menjadi desa yang lebih produktif.
Secara garis besar, Pnpm ini mendapatkan dana bantuan langsung dari pemerintah pusat untuk selanjutnya di kelola ole desa yang sudah terdaftar dalam list. Dana bantuan itu digunakan untuk tiga sektor penting yakni di bidang infrastruktur, keuangan (Dana Bergulir), dan sosial. Sekilas mengenai program pnpm pedesaan ini, perlu kiranya kita sebagai warga mengetahui alur pengelolaan dana tersebut dan apa salahnya jika kita berperan sebagai pengawas sosial ataupun pengelola dalam program tersebut.

PNPM Perdesaan


Dalam Program pemerintah tersebut ada yang namanya Faskel (fasilitator Kelurahan) yang membawahi LKM (lembaga keswadayaan masyarakat) yang mana membawahi KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) sebagai pengelola utama program yang telah dicanagkan dan disepakati bersama dalam rapat kepengurusan oleh warga khususnya warga kurang mampu. Pada hakikatnya program ini melibatkan hampir 90% warga kurang mampu untuk mengelola dana tersebut dengan tujuan yakni memberdayakan desanya dan meningkatkan potensi secara individunya.
Screen Shoot Pnpm perdesaan :



Demikian sekilas tentang PNPM Perdesaan semoga mendapatkna sedikit ilmu pengetahuan seputar program pemerintah pusat yang dilaksanakan di desa.

PNPM Perdesaan




0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.