24 Mar 2013

Informasi SBMPTN Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah

Informasi SBMPTN Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/03/informasi-sbmptn-buat-kalian-yang-ingin-melanjutkan-ke-jenjang-kuliah.html

Bulang, 24 Maret 2013. Perguruan tinggi negri semakin menjadi favorit bagi para pelajar yang ingin meneruskan pendidikannya ke jenjang perkuliahan. Kenapa mereka lebih memilih perguruan tinggi negri dibandingkan swasta, salah satu jawabannya adalah biaya perkuliahannya lebih murah dibandingkan dengan perguruan tinggi swasta.

Meski dibilang lebih murah, namun banyak juga diantara pelajar yang ingin meneruskan pendidikannya namun tidak bisa melanjutkan dengan alasan tidak adanya biaya untuk masuk perguruan tinggi negri. Meskipun demikian, jika diantara para pelajar itu ada niat dan keinginan kuat untuk melanjutkan pendidikannya, maka tidak menutup kemungkinan, semua upaya yang dilakukannya akan berbuah hasil dan mengantarkannya berhasil masuk di perguruan tinggi yang diinginkannya. 

Adapun upaya yang dilakukannya seperti mengikuti tes masuk perguruan tinggi negri, atau juga melalui jalur prestasi. Namun upaya tersebut tidak mudah begitu saja bisa diraihnya, sebab harus bersaing dengan banyak pelajar dari daerah lain yang juga ingin mendapatkan kursi bangku kuliah di perguruan tinggi. Tapi jangan berkecil hati dulu bagi kalian yang kemaren sudah mendaftar SNMPTN dan ternyata tidak lulus, kini ada sedikit informasi Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah.

Kalian, para pelajar lulusan UN SMA/SMK/MA tahun 2011 dan 2012 bisa mengikuti jalur SBMPTN yakni seleksi bersama masuk perguruan tinggi negri. SBMPTN ini diluncurkan pada tanggal 15/03/2013. Sistem ini berbasis seleksi hasil ujian tertulis dan terbuka bagi siswa yang lulus UN pada tahun 2011 dan 2012 serta bagi siswa yang tak berhasil memperoleh kursi di PTN melalui SNMPTN. 
Pendaftaran untuk SBMPTN baru akan dibuka pada 13 Mei mendatang dan ditutup pada 7 Juni. Sementara itu, ujian seleksi ini sendiri akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada 18-19 Juni. Sistem tersebut dibuka untuk memfasilitasi siswa yang tak lolos SNMPTN tahun lalu atau tahun ini dan juga siswa yang ingin pindah kampus, seperti yang dikatakan oleh Akhmaloka (Ketua Umum Panitia SBMPTN) saat peluncuran SBMPTN di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (15/3/2013). 

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menjelaskan bahwa berbeda dengan tahun 2012, peserta ujian tertulis kali ini dapat memilih tiga program studi dengan tiga kelompok ujian yang disediakan. Jika pada tahun lalu tiga kelompok tersebut adalah IPA, IPS, dan IPC, maka kali ini terdiri dari kelompok Sains-Teknologi, kelompok Sosial-Humaniora, dan kelompok campuran. 

Untuk biaya pendaftarannya dipatok sebesar Rp 175.000 untuk kelompok sains-teknologi dan kelompok sosial-humaniora, sementara untuk kelompok campuran dibanderol lebih mahal dengan biaya sebesar Rp 200.00.

Demikian sedikit Informasi SBMPTN Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah

Informasi SBMPTN Buat Kalian Yang Ingin Melanjutkan Ke Jenjang Kuliah

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.