Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri

Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri



Bulang, 5 Mei 2013. Tiada tuhan yang patut disembah kecuali Alloh s.w.t. Hanya kepadaNya lah kita sebagai hamba meminta di kala susah maupun senang, sakit maupun sehat, kaya mapun miskin, sebab hanya kepadaNya lah kita akan kembali. Segala urusan pasti ada jalan keluarnya jika kita senantiasa mendekatkan diri kepada Alloh sang maha pencipta alam dan segala isinya.

Alloh sang maha penguasa langit dan bumi, membolak - balikkan hati, mengetahui segala urusan hambanya, Tiada tuhan selain Alloh, Maha besar Alloh dengan segala firmanNya.

Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/05/nasehat-seorang-kyai-kepada-seorang-santri.html
Sedikit cerita berawal dari pengalaman seorang (santri) yang sempat curhat kepada Seorang Kyai. sebagaimana kalimat yang telah tertulis di atas, bahwa : "memang segala urusan itu tiadalah mudah untuk diselesaikan jika tidak ada pendekatan diri (tawadlu') kepada Alloh s.w.t." Demikianlah inti kalimat yang terucap saat Sorang Kyai memberikan sedikit pencerahan atau arahan kepada salah seorang santri mengalami kebingungan dikarenakan problem pribadi dan keluarganya. 

Muhasabah binnafsi (koreksi diri) sangat diperlukan mengingat kita dilahirkan hanya untuk menyembah kepada Alloh s.w.t. dikala seorang hamba mendapat kesusahan (ujian / cobaan) tidak ada satu hamba lainnya yang bisa mengubah nasib itu kecuali atas kehendak atau takdir Alloh s.w.t. manusia dalam hal ini entah itu Kyai ataupun orang awam hanya sebagai perantara untuk kemudian menjadi motivator demi menuju perubahan dengan cara mendekatkan diri kepada Alloh s.w.t.

Bukti nyata seperti apa yang disampaikan Seorang Kyai Kepada Seorang santri bahwa suatu hari ada seorang PNS (Pegawai negri Sipil) datang pada Kyai tersebut dan menceritakan problem rumah tangganya.PNS itu benar - benar sangat kacau dan hampir putus asa. Waktu itu PNS tersebut sempat menawarkan dan menjual harta yang dimilikinya mulai dari sepeda motor sampai dengan rumahnya. Kyai itupun membeli sepeda motornya akan tetapi melalui tangan Santrinya yang mengikuti Istighotsah yang diadakan oleh Kyai tersebut setiap Senin malam selasa.

Sebelumnya, PNS tersebut direkomendasikan oleh santri yang disuruh membeli sepeda motornya oleh Kyai agar diajak mengikuti istighotsah, dan akhirnya PNS tersebut diajak dan besedia mengikuti istighotsah bersama - sama Kyai sebagai bentuk jalan keluar permasalahannya dengan cara mendekatkan diri kepada Alloh s.w.t. Singkat cerita apa yang terjadi, PNS tersebut benar-benar bisa bangkit dan bisa kembali jaya seperti dulu kala. Subhanalloh.

Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri

Sedikit cerita di atas menjadi salah satu bentuk motivasi bagi santri yang sempat cerita dan mengalami hal hampir serupa dengan PNS tersbut. Intinya hanya mendekatkan diri kepada Alloh lah segala urusan akan bisa terselesaikan. Atas ijin Alloh lah semua urusan akan menjadi mudah, sebab alloh tidak akan menguji hambanya di luar batas kemampuannya.

Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri selanjutnya adalah dengan cara menawari sekaligus memberikan solusi untuk berkenan menyempatkan waktu mengaji pada hari Sabtu pagi pukul 05:00 WIB yang bertempat di masjid tanggulangin. 

Sekiranya itu yang bisa kami bagi kepada para pemuda dan diharapkan bisa menjadi motivasi dikala mendapati problem yang sama. semoga bermanfaat artikel Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri ini.



Post a Comment for "Nasihat Seorang Kyai Kepada Seorang Santri"