19 Feb 2014

7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Bersepeda - Seperti yang kita ketahui bahwa bersepeda merupakan salah satu olahraga yang begitu diminati banyak orang, baik itu digunakan sebagai olahraga ekstrim yang bisa menimbulkan resiko berbahaya buat diri pengendaranya, ataupun bersepeda hanya untuk kebutuhan rutin yang dilakukan secara rutin bersama rekan komunitas sepeda dengan cara touring santai tiap akhir pekan.

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Bicara soal olahraga satu ini, ada informasi menarik seputar bersepeda yang konon katanya bisa menimbulkan dampak negatif yakni bisa menimbulkan gangguan dalam organ intim. Meski begitu, tidak ada salahnya jika kita melihat dari segi positifnya, ternyata bersepeda juga bisa memberi manfaat bagi kesehatan tubuh kita jika dilakukan secara rutin. Mau tahu apa saja manfaatnya, berikut informasinya buat sobat.

Sebagaimana informasi yang sudah kami dapatkan dari beberapa sumber media online yang juga mengutip langsung dari situs Discovery, bahwa bersepeda bisa memberikan kebaikan diantaranya:

  1. Baik untuk kesehatan Jantung. Bersepeda dikaitkan dengan meningkatnya kebugaran sistem kardiovaskular. Ini turut menurunkan risiko penyakit jantung koroner.
  2. Dapat Menyehatkan otot-otot tubuh. Otot tubuh bisa menjadi lebih kencang dan mampu merangsang pembangunan otot. Otot yang akan berkembang terutama pada betis, paha, dan otot bagian belakang tubuh. Selain itu, sendi menjadi lebih aktif.
  3. Mampu Membakar banyak kalori. Bersepeda akan mempercepat proses metabolisme. Bagian pinggang juga lebih banyak terbakar lemaknya. Ini membantu Anda yang sedang menjalankan program diet untuk turun berat badan. Cocok buat yang berbadan gemuk sob.
  4. Bisa dilakukan segala usia. Olahraga ini tidak mengenal batasan usia. Hanya saja untuk usia tua sebaiknya menggunakan medan tempuh yang ringan.  Ini untuk menghindari cedera.
  5. Bersepeda akan memperbaiki koordinasi berpikir otak. Pasalnya, selama bersepeda dituntut untuk mengatur kemudi, menggenjot, dan konsentrasi dalam waktu bersamaan. Ini melatih otak untuk lebih baik dalam bekerja sama dengan semua anggota tubuh.
  6. Mampu memperbaiki kesehatan mental. Bersepeda membuat orang menjadi bugar fisik dan mentalnya. Gangguan pikiran seperti depresi atau stres bisa dikurangi dengan olahraga ini. Kayaknya bisa dicoba juga, tapi inget jangan sampai terlalu lelah, nanti malah tambah kecapekan dan akhirnya jatuh sakit.
  7. Meningkatkan kekebalan tubuh. Olahraga dikaitkan dengan membaiknya pertahanan tubuh pengendaranya. Termasuk dengan bersepeda, sistem kekebalan ikut menguat yang menjadi bekal dalam melawan berbagai macam penyakit.

Kurang lebihnya mengenai informasi diatas, sobat bisa mencari refrensi lainnya terkait manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita untuk kemudian dibagikan kepada pembaca yang lainnya. Semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.