10 Feb 2014

Beberapa Tips Melindungi Perangkat Android Dari Program Jahat


Tips Melindungi Perangkat Android - Perkembangan teknologi tidak hanya bernilai atau berpengaruh positif pada saat ini, kemungkinan terburuk pun juga bisa datang kapan saja yakni dengan adanya usaha memanfaatkan teknologi sebagai media melakukan tindak kejahatan.

Cara Melindungi Perangkat Android

Seiring cepatnya perkembangan teknologi saat ini ialah adanya perangkat berbasis android berupa ponsel atau tablet yang semakin mendominasi sebagai sistem operasi mobile paling laris. Dengan begitu ada kemungkinan menarik perhatian para cyber untuk melakukan aksinya dengan cara meletakkan malware dalam sebuah aplikasi digital.

Katakan saja para cyber yang mampu bertindak sesuka hati melakukan tindak kejahatan, bukan tidak mungkin mereka akan melakukan pencegatan pesan, menyadap informasi mikrofon ponsel, mencuri informasi pribadi, atau memonitor segala percakapan panggilan telepon kita dan lain sebagainya.

Maka dari itu jika sobat melakukan segala aktifitas yang berhubungan dengan ponsel atau perangkat android, entah untuk melakukan percakapan, atau penyimpanan data pribadi, ada baiknya sobat mencoba beberapa tips melindungi perangkat android berikut ini.

Usahakan Unduh aplikasi dari toko resmi 

Upayakan sobat mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi dan punya kredibilitas dalam hal keamanan, seperti Google Play Store, Amazon, Samsung atau dari toko aplikasi yang disediakan perusahaan operator telekomunikasi.

Waspadai Aplikasi mencurigakan 

Banyak sekali aplikasi bajakan yang tersedia di toko online yang mengatasnamakan sebuah produk aplikasi dari brand ternama dengan tujuan tidak lebih dari layanan spamming. Contoh BBM buat android yang muncul pada september 2013 dipastikan palsu dan lebih dari 100 ribu pengguna terkecoh karena telah mengunduhnya.

Upayakan tidak memasang aplikasi bajakan

Sebagaimana yang telah kita ketahui semua bahwa pembajakan merupakan bentuk tidak menghormati hak cipta pembuat aplikasi. Parahnya lagi, kebanyakan dari aplikasi bajakan, atau yang didapat dari sumber yang tidak jelas, mengandung beberapa bentuk program jahat.

Perhatikan Pengaturan Perangkat Sobat

Ada beberapa opsi yang bisa sobat ikuti untuk menyesuaikan pengaturan pada ponsel atau perangkat android lainnya. Misalkan saja  pada Android versi 2.2 (Froyo) dan versi di atasnya, pada dasarnya telah disediakan fasilitas untuk memindai program jahat
Kemudaian untuk Android versi 4.1 atau lebih tinggi, sobat dapat mengakses fitur tersebut dengan masuk ke Settings / Security / Verify apps. Dan untuk versi 4.2 atau lebih tinggi juga dilindungi dari biaya SMS premium.

Update Software Rutin

Setiap kali ada pemberitahuan pembaharuan software yang telah terinstall pada perangkat sobat, hendaknya mengikuti instruksi pembaruan software apa saja yang hendak di update.
Untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak ini, Anda masuk ke Settings / About phone atau About tablet / System Updates.

Pasang Aplikasi Antivirus

Ada lebih dari 250 aplikasi antivirus yang bisa sobat download dari Google Play Store. Dengan begitu akan ada opsi aplikasi antivirus terbaik mana yang bisa sobat pasang di perangkat android masing-masing.

Semoga bisa memberi sedikit wawasan bermanfaat.
Source : Kompas.com

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.