10 Feb 2014

Keberadaan Malware Berjenis Bootkit Mulai Bersarang Di Android


Bootkit Android - Bagi pengguna perangkat berbasis android perlu untuk memperhatikan keberadaan program jahat berupa Malware berjenis bootkit yang mulai bersarang dan berekspansi menginfeksi kode startup atau menginfeksi pada saat pengguna mulai menyalakan perangkatnya.

Seperti informasi yang telah kami dapatkan dari media online, bahwa bootkit tersebut terdeteksi dengan nama "Androd.Oldboot.1" dan menjadi program jahat pertama yang ditemukan pada perangkat android. Program jahat yang bernama Android.Oldboot.1 ini kemungkinan besar sengaja dimasukkan melalui akses ke ponsel atau tablet android. Meski demikian, sebuah keberuntungan kalau program satu ini tidak menyebar melalui situs web, attachment, atau pun aplikasi berbahaya.

Malware Jenis Bootkit Di Android

Jika ditelisik lebih jauh lagi mengenai bahaya dari malware ini, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh doctor web, seseorang dapat menginfeksi perangkat Android dengan menempatkan salah satu komponen trojan ke partisi boot dari sistem file dan memodifikasi file tertentu. Ketika pengguna mulai menyalakan perangkat, file yang telah dimodifikasi tersebut nantinya akan mulai menyebarkan trojan ke beberapa folder tertentu.

Setelah berhasil terinjeksi ke sistem, Android.Oldboot.1 dapat digunakan oleh si penjahat cyber untuk menghubungkan perangkat tersebut ke sebuah remote server. Melalui server ini, penjahat tersebut dapat memerintahkan perangkat untuk mengunduh, menginstalasi, atau menghapus aplikasi apapun dari jarak jauh.

Jadi mulai dari sekarang bagi pengguna perangkat android tidak ada salahnya untuk lebih waspada lagi minimal dengan cara memperhatikan cara penggunaan perangkat itu sendiri. Ada baiknya sobat membaca beberapa tips melindungi perangkat android dari program jahat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.