Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Internet Manfaat Dan Kegunaan Internet Secara Umum

Pengertian Internet Manfaat Dan Kegunaan Internet Secara Umum. Internet bisa dikatakan sebagai media mencari segala informasi pada saat ini. Kenapa bisa dikatakan demikian, ya mengingat Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok ketika orang mengerti akan pengertian dan juga kegunaannya, sehingga dengan adanya internet ini, semua orang berkesempatan memanfaatkan Internet untuk kepentingan - kepentingan dan juga kebutuhan mereka secara mudah yang tentunya membututhkan internet. Kita ambil saja contoh banyaknya pengguna Facebook, Email Twitter, Jasa bisnis Online dan lain sebagainya.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/05/pengertian-internet-manfaat-dan-kegunaan-internet-secara-umum.html
Akan tetapi masih banyak sekali yang menganggap keberadaan internet ini sebagai salah satu sumber negatif yang mana bisa memberi pengaruh negatif pula buat penggunanya. Yang demikian itu, kebanyakan menurut pandangan atau pemikiran orang awam yang belum mengerti tentang Pengertian Internet Manfaat Dan Kegunaan Internet Secara Umum.

Setelah membaca sedikit gambaran tentang internet, Ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu tentang Pengertian Internet Manfaat Dan Kegunaan Internet Secara Umum.

Pengertian Internet Manfaat Dan Kegunaan Internet Secara Umum

Internet singkatan dari "interconnection-networking" adalah sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lain di seluruh penjuru dunia dengan menggunakan standart Internet Protocol Suite.

Sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.

Kegunaan Internet Secara Umum

Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain :
  1. Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain :   email, NewsGroup, www, FTP. Dll
  2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur.
  3. Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk.
  4. Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan dengan www, video,conferencing, internet relay chat, internet phone.
  5. Sebagai alat untuk research dan development.
  6. Pertukaran data 
Internet sebagai Media Komunikasi
Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, Informasi yang didapatkan lebih mudah, cepat dan murah dengan jangkauan global. Hal ini didukung dengan fakta bahwa untuk menjangkau pengguna sebanyak 60 juta orang,
  • Butuh 30 tahun untuk radio
  • Butuh 15 tahun untuk televisi, dan 
  • Hanya Butuh 3 tahun untuk web dengan aplikasi: mail,WWW, NewsGroup FTP Gopher dan lain-lain 
Kalau dilihat dari fakta demikian, tentu Kegunaan Internet semakin berkembang dalam memenuhi tuntutan para penggunanya yang mencakup media online, transportasi, transaksi, dan lain sebagainya.

Manfaat Internet Secara Umum

Setelah membaca dan memahami tentang pengertian internet secara umum dan kegunaannya, kita mulai sedikit bisa memahami juga bagaimana pentingnya internet sehingga bisa bermanfaat ataupun dimanfaatkan demi memenuhi kepentingan sehari-hari. Kemanfaatan yang diperoleh dari Internet secara umum bisa dikategorikan dalam hal kemanfaatannya dari sisi :

#Pendidikan
  • Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan
  • Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah
  • Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer
  • Sebagai Sarana Komunikasi

#Perdagangan / Bisnis Online
  • Mempermudah melakukan transaksi jika antara penjual dan pembeli berada di wilayah yang berbeda.
  • Bisa menghemat waktu ataupun biaya transportasi
  • Bisa memasarkan produk secara luas ke berbagai wilayah yang akan dituju.

#Pemerintahan
  • Akan adanya transparansi kinerja pemerintahan selama melaksanakan program kerjanya.
  • Lebih memudahkan menjalin komunikasi dengan masyarakat secara luas
  • Lebih mudah memberi informasi segala hal

#Masyarakat pada umumnya.
Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan
Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan
Bisa menjalankan sebuah bisnis melalui media internet

Naah sangat bermanfaat bukan jika kita bisa memahami pengertian internet manfaat dan kegunaan internet secara umum.  Diharapkan kita bisa lebih banyak mendapatkan wawasan dengan cara memanfaatkan internet secara baik. Diharapkan juga menjadi argument ketika ada orang awam berpandangan negatif tentang keberadaan internet. Sebab tidak semua yang menggunakan internet adalah berpengaruh negatif.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Pengertian Internet Manfaat Dan Kegunaan Internet Secara Umum 

28 comments for "Pengertian Internet Manfaat Dan Kegunaan Internet Secara Umum"

  1. Terima kasih banyak sebelumnya buat admin dan penulis. Kalau boleh kasih saran. Ada baiknya Anda menyertakan link artikel Anda (Jika terdapat referensi) juga menyertakan salah satu link pembuat template. Saya berterima kasih Anda telah menggunakan Salah satu Template dari kami. Creating Website (www.maskolis.com) dan pencipta template (http://johnytemplate.blogspot.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran yang sangat memotivasi buat kami, dan kami ucapkan terima kaih atas saran dan juga ucapan terima kasihnya kepada kami. saran anda akan kami realisasikan secepatnya, berhubung pada aritikel ini adalah menjadi pembelajaran buat kami untuk dibagikan kepada para pembacajadi tidak sempat meletakkan link refrensi. terima kasih.

      Delete
  2. Artikel yang bagus untuk saya buat presentasi TIK

    ReplyDelete
  3. Thank's gan infonya ..!!! Mantap ..!!!

    usaha tanpa modal

    ReplyDelete
  4. Artikelnya bagus mas sebagai referensi tugas, menurutku sih internet bagai dua sisi koin, satu sisi memberikan berjuta manfaat, satu sisi lagi ada dampak negatifnya. Untuk itu kita harus pintar2 memanfaatkannya seoptimal mungkin, dan meminimalisir dampak negatifnya.

    ReplyDelete
  5. Thanks Banget nih artikelnya , lumayan buat besok praktek Presentasi kedepan kelas tentang intenet . Jempol deh pokoknya

    ReplyDelete
  6. thanks yah artikelnya..
    artikel yg bgus, sesuai dengan tugas yang saya cari,
    heheheeh

    ReplyDelete
  7. keren sob artikelnya.. sangat lugas..

    ReplyDelete
  8. Menurut saya internet itu sangat banyak gan manfaatnya :D


    Makasih untuk artikelnya gan :D

    Jangan Lupa Untuk Kunjungi Balik ya gan, Blog Saya Di : Taufiq Rahman



    Atau



    www.rahman371.wordpress.com



    Terimakasih :D

    ReplyDelete
  9. terimakasih, sangat membantu tugas saya :)

    ReplyDelete
  10. Sangat membantu pembelajaran saya
    Nice Artikel..... :)

    salam ---->>> http://www.syaiful-nur-hakam.hol.es/
    Syaiful Nur Hakam

    ReplyDelete
  11. Sekalian, mau tanya Internet itu lebih banyak manfaat postivenya apa negativenya?

    salam dari My Story - Syaiful Nur Hakam

    ReplyDelete
  12. Terimakasih atas infonya mengenai manfaat internet...
    Cek juga paket 4g termurah

    ReplyDelete