21 Feb 2013

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

PNPM adalah salah satu program pemerintahan pusat yang dikelola di pedesaan dengan tujuan memberdayakan masyarakat terutama yang kurang mampu. Program ini sebagai wadah untuk menampung segala aspirasi masyarakat, tentunya di bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat demi memajukan warga dan desanya sendiri. Pada intinya adalah membantu terwujudnya tujuan nasional yakni setidaknya mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan potensi warga indonesia. Bentuk program ini merupakan aktifitas warga yang mana di desanya mendapatkan bantuan berupa dana dan kemudian dikelola demi tujuan bersama. Bantuan dana itu harus dipergunakan dan dikembangkan setidaknya untuk memberdayakan masyarakat kurang mampu dalam tiga bidang diantaranya masalah infrastruktur, Keuangan dan sosial. Disini warga bertindak selaku pengelola dana tersebut sesuai dengan aspirasi yang sudah disepakati sebelumnya melalui rapat bersama. Untuk bisa menjalankan program yang telah disepakati harus dibentuk sebuah panitia yang disebut sebagai Kelompok Swadaya Masyarakat membawahi Lembaga Kepemimpinan Masyarakat (LKM) pada tingkat pedesaan. Banyak sekali bentuk kegiatan yang bisa dilakukan masyarakat, salah satu contoh kelompok swadaya masyarakat ada di desa Bulang adalah KSM Violet Bergerak Di Biang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Bidang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah

KSM Violet Bergerak Di Biang Sosial Dan Usaha Kecil Menengah
Dalam hal ini KSM Violet mempunyai dua program kerja pokok yaitu mengadakan pelatihan komputer dan mendirikan usaha warnet. Asal mula munculnya ide ini adalah ketika pemuda karang taruna masih semangat-semangatnya berkumpul berorganisasi. Kala itu muncullah ide bagaimana kalau di desa kita di adakan pelatihan komputer sekaligus bisa digunakan untuk mendirikan wanet.
Al-hasil, sekilas pemikiran itu ternyata di konfirmasi oleh kelurahan dan akhirnya mendapatkan gelontoran dana sebesar 10.000.000. Kemudian dana tersebut dirupakan empat unit komputer lengkap dan kebutuhan mendirikan warnet senilai 7.750.000, sisanya digunakan untuk pelatihan komputer sebesar 1.250.000 bagi 5 orang. 
Program tersebut ternyata berhasil dan beroprasi sampai sekarang dan kabar baiknya adalah dengan diadakannya program ini di desa Bulang, menjadi salah satu inspirasi bagi desa tetangga untuk lebih giat lagi mengembangkan program pemerintahan di desanya masing-masing. Setelah hampir berjalan selama hampir satu tahun, KSM Violet mengembangkan laba yang diperolehnya dari bisnis warnet dengan cara membelikan satu unit komputer lagi dan hasilnya lumayan menggembirakan. Laba hasil pengelolaan warnet selanjutnya diberikan kepada masyarakat kurang mampu lewat bhakti sosial pembagian sembako bagi warga desa bulang yang kurang mampu. 
Dan program yang dikelola KSM Violet ini sampai sekarang masih berjalan dengan baik meski cenderung menurun sebab kesibukan masing-masing pengurus.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.