Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Organisasi Secara Umum

Pengertian Organisasi Secara Umum

Bulang, 24 April 2013. Organisai sering terdengar oleh telinga kita, sebab ketika kita berada dalam satu kelompok masyarakat yang tentunya mempunyai keterkaitan antara satu sama lainnya, maka dalam masyarakat tersebut tidak menutup kemungkinan dibentuklah satu organisai masyarakat demi mencapai tujuan bersama yakni mensejahterakan dan juga menjaga kerukunan antar warga sehingga tidak dikhawatirkan timbul kesenjangan sosial. Organisi yang dimaksud adalah organisasi pemerintahan dalam hal ini adalah Pemerintahan Desa (Kelurahan)

Itu sekilas gambaran bagaimana suatu organisai ada dalam masyarakat. Tapi dengan adanya organisi itu kadang kita sering salah bahkan tidak tahu apa Pengetian Organisasi Secara Umum Itu?. Kadang kita mengartikan Organisasi adalah sebuah kelompok atau perkumpulan. Sepintas pernyataan tersebut memang benar. 

Jika kita memahami sebatas arti di atas, maka perlu kiranya kita memahami lebih jauh lagi Apa Pengertian Organisi Secara Umum. 

Pengertian Organisasi Secara Umum

Dalam kamus besar bahasa indonesia Organisasi adalah :
(1) kesatuan (susunan dsb) yg terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) dl perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu; (2) kelompok kerja sama antara orang-orang yg diadakan untuk mencapai tujuan bersama

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

  1. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  2. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  3. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  4. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

Naah sekian sedikit informasi tentang  

Pengertian Organisasi Secara Umum,

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/organisasi/mirip#ixzz2RJDBRW47
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi#Definisi

Post a Comment for "Pengertian Organisasi Secara Umum"