Kreatifitas Pemuda Desa Bulang

Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang

by taruna bhakti , at Sabtu, Juni 29, 2013 , has 0 komentar
Edisi Berbagi Pengalaman Jalan Jalan Naik Pesawat Terbang
Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang. Sesuai dengan judul artikel kali ini penulis mencoba berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana caranya melakukan perjalanan ke luar kota, atau ke luar pulau menggunakan alat transportasi udara yakni pesawat terbang. Bagi para pembaca yang sudah berpengalaman mungkin mengira kalau penulis adalah orang katrok atau ndeso, meskipun begitu di sini penulis berbagi kepada siapa saja yang ingin bepergian naik transportasi pesawat terbang akan tetapi belum pernah mengerti sama sekali Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang.

Singkat cerita sich sebenarnya gampang saja, tinggal pergi ke bandara untuk membeli ticket pesawat kemudian naik pesawat duduk manis menunggu sampai pesawat terbang sampai pada tempat tujuan. Tetapi apakah dengan cara yang semudah itu kita bisa sampai pada tempat tujuan??? jawabannya jelas tidak, Sebab ada proses yang harus dilalui sebelum Bepergian Naik Pesawat Terbang.

Oke, berikut pengalaman penulis ketika pergi ke pulau kalimantan, hee bisa dibilang wong katrok lagi keliling nusantara. Langsung saja simak proses yang harus dilalui mulai dari pembelian ticket sampai dengan kedatangan di bandara tempat tujuan kita bepergian.

Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang

KEBERANGKATAN
Berhenti di Zona Keberangkatan lalu turun dari kendaraan pengantar yang kita tumpangi 

Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang
 
# Pertama kali yang harus kita lakukan adalah membeli ticket.

Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang

Untuk membeli ticket ini bisa dilakukan dengan cara :
  • Membeli langsung dari loket penjualan ticket yang ada di bandara atau 
  • penyedia penjualan ticket online ataupun 
  • melalui calo ticket.
Apa yang harus kita lakukan jika membeli ticket di loket penjualan resmi ticket penerbangan?
Datang langsung di locket yang tersedia di bandara untuk membeli ticket pesawat penerbangan apa yang kita pilih. Digunakan untuk keberangkatan kapan dan tujuan mana.
Contoh ticket pesawat Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya, Citilink atau yang lainnya digunakan untuk keberangkatan tanggal 1 Agustus 2013 pada Pukul 17:50. 
Setelah membeli kita akan mendapatkan bukti pembayaran untuk selanjutnya digunakan Ceckin.
Selain membeli langsung pada locket resmi kita juga bisa booking ticket melalui Online di jasa penjualan ticket online.
Jika kita sudah membooking ticket secara online, langsung masuk ke konter Ceck In untuk proses berikutnya.

# Langkah berikutnya yakni Ceck in

Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang
Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang  

Setelah mendapatkan bukti pembayaran dari locket penjualan ticket penerbangan, selanjutnya kita masuk ke ruang Ceck in yakni melalui proses pemeriksaan keamanan terlebih dahulu dan kemudian menuju ke Konter Ceck in untuk mendapatkan ticket resmi masuk pesawat yang kita tumpangi. Biasanya kita akan mendapatkan karcis atau ticket masuk pesawat dan kemudaian membayat ongkos penerbangan melalui PJP2U (Pelayanan jasa Penumpang Pesawat Udara)

# langkah berikutnya adalah pembayaran melalui PJP2U

Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang

Pembayaran ini merupakan tarif diluar harga ticket pesawat. Pembayaran ini berlaku untuk penumpang ketika akan memasukkan barang bawaan ke dalam bagasi pesawat yang tentunya melalui proses penimbangan terlebih dahulu. Biasanya tarif akan diberlakukan secara merata apabila barang bawaan tidak melebihi berat muatan yang sudah ditentukan. pada umumnya tarif PJP2U ini kisaran harga 25.000 s/d 40.000.

Jika sudah melakukan pembayaran kita akan mendapat bukti label seperti gambar di atas yang mana digunakan untuk mengambil barang bawaan yang ada di dalam bagasi pesawat.

# Masuk Ruang Tunggu Penumpang

Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang

Jika proses ke satu, dua dan tiga selesai, kita bisa menuju ke ruang tunggu sesuai gate (pintu masuk yang sudah ditentukan) untuk menanti giliran keberangkatan pesawat. Pada lagkah ini biasanya ada pemeriksaan kembali barang bawaan yang tidak masuk bagasi melalui sinar x-ray.

# Masuk Pesawat melalui Gate Yang Sudah Ditentukan 

Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang
Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang  

Setelah giliran keberangkatan pesawat siap, kita menuju pintu atau gate sesuai pesawat yang akan kita tumpangi. Dan selanjutnya silahkan masuk pesawat (Boarding) mencari nomor kursi sesuai dengan yang tertulis di ticket.
Duduk manis, kencangkan sabuk pengaman dan jangan lupa perhatikan awak kabin yang sedang memperagakan cara penggunaan alat keamanan yang ada di pesawat.

KEDATANGAN
Setelah pesawat berhenti secara sempurna dibandara tempat yang kita tuju, kita turun melalui tangga atau pintu keluar pesawat yang langsung menuju pintu kedatangan. Langkah yang harus kita lakukan adalah :
# Menuju tempat penurunan barang dari bagasi pesawat untuk mengambil barang bawaan kita
# Ambil barang bawaan kita
# Menuju ke Pintu keluar

dan selamat jalan.

Mungkin demikian yang bisa penulis informasikan kepada pembaca yang ingin atau pertama kali Bepergian naik Pesawat Terbang. Semoga bisa memberikan kemudahan. Semoga bermanfaat.

Yang demikian tadi adalah proses keberangkatan naik pesawat untuk yang domestik saja. Untuk yang transit ke luar negri bisa baca artikel Persiapan Pergi Keluar Negri.

Terima kasih telah membaca artikel Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang
taruna bhakti
About
Bagaimana Proses Bepergian Naik Pesawat Terbang - written by taruna bhakti , published at Sabtu, Juni 29, 2013, categorized as Tau gak Sich . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.

Bck
Cancel Reply
Copyright ©2014 Karang Taruna Bhakti Bulang
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger