2 Jun 2013

Apa Saja Keutamaan Bulan Rajab?


Apa Saja Keutamaan Bulan Rajab?. Banyak diantaranya bahwa bulan rajab merupakan  bulan haram (suci), bulan yang baik untuk berpuasa dan memperbanyak amal sholih lainnya. Dikatakan bulan haram (suci) sebagaimana telah diterangkan dalam hadits shohih yang berbunyi :

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/06/beberapa-keutamaan-pada-bulan-rajab.html


الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا ، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ
”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada 12 bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci), 3 bulannya berurutan yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (ada 1 bulan lagi yaitu) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679).

Jika kita memahami dari hadits di atas bisa dijelaskan setidaknya seperti berikut :
Bulan haram (suci) maksudnya adalah bulan dimana pada bulan itu diharamkan berbagai jenis pembunuhan, yang demikian ini diyakini oleh orang jahiliyah pada masa itu. Pada bulan haram ini juga lebih ditekankan melakukan segala bentuk amal sholih dari pada bulan lainnya. Amalan yang disukai dan sering dilakukan oleh para ulama' salaf adalah berpuasa.

Beberapa Keutamaan Pada Bulan Rajab

Puasa Pada Bulan Rajab
Jika hadits di atas lebih menjelaskan tentang keharaman melakukan segala jenis pembunuhan yang mana orang jahiliyah meyakini ketentuan itu, ada juga beberapa keutamaan pada bulan rajab yang sering dilakukan oleh ulama' salaf yaitu berpuasa seperti Sufyan Ats Tsauri. Beliau mengatakan, ”Pada bulan-bulan haram, aku sangat senang berpuasa di dalamnya".  Hal yang sama juga dilakukan oleh Sayyidina Ibnu ’Umar RA, Imam Hasan Al Bashri RA dan Abu Ishaq As Sa’ibi RA melakukan puasa pada seluruh bulan haram, bukan hanya bulan Rajab atau salah satu dari bulan haram lainnya. (Latho-if Al Ma’arif, 214) 

Meski tidak ada dalil-dalil yang kuat mengkhususkan melakukan puasa di bulan rajab, tidak ada larangan yang mutlak juga untuk menunaikannya, sebab tidak ada satu hadits pun yang melarang berpuasa dibulan itu. Untuk puasa di bulan rajab ini adalah sebuah kesunnahan melakukan amal sholih terlebih di bulan bulan haram termasuk bulan rajab in sebagaimana yang terkandung dalam hadits di atas. Jadi tidak ada salahnya kita melakukan puasa dengan catatan tidak boleh mengkhususkan bulan rajab untuk selalu berpuasa.

Demikian sedikit informasi mengenai Beberapa Keutamaan Bulan Rajab diantara melakukan puasa dan memperbanyak amal sholih lainnya seperti memperbanyak dzikir, beristighfar dan sholat sunnah. Semoga kita bisa beristiqomah melakukan amal sholih di bulan rajab, sya'ban sampai datangnya bulan ramadhan. amiiin. semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.