11 Jul 2013

Tata Cara Niat Sholat Tarawih Dan Jumlah Rakaat Sholat Tarawih

Tata Cara Niat Sholat Tarawih Dan Jumlah Rakaat Sholat Tarawih. Tarawih jika didefinisikan secara bahasa, kata tarawih dalam bahasa arab adalah jama' dari "tarwihatun" yang diartikan sebagai " waktu sesaat untuk istirahat" dan untuk waktunya adalah setelah sholat isya' sampai dengan sebelum datangnya shubuh.

Untuk itu sholat tarawih ialah sholat sunnah yang pernah dicontohkan oleh nabi muhammad kepada para sahabatnya kala itu dan dilakukan oleh beliau setelah melakukan sholat isya'. Yang demikian ini dilakukan oleh rosululloh hanya selama tiga kali kesempatan secara berjamaa'ah. Hal ini dilakukan oleh rosululloh karena beliau takut yang demikian akan diwajibkan kepada ummat muslim.
Berikut redaks haditsnya :
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2013/07/tata-cara-niat-sholat-tarawih-dan-jumlah-rakaat-sholat-tarawih.html 
“Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam pada suatu malam salat di masjid lalu para sahabat mengikuti salat Beliau, kemudian pada malam berikutnya (malam kedua) Beliau salat maka manusia semakin banyak (yang mengikuti salat Nabi n), kemudian mereka berkumpul pada malam ketiga atau malam keempat. Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam tidak keluar pada mereka, lalu ketika pagi harinya Beliau bersabda: ‘Sungguh aku telah melihat apa yang telah kalian lakukan, dan tidaklah ada yang mencegahku keluar kepada kalian kecuali sesungguhnya aku khawatir akan diwajibkan pada kalian,’ dan (peristiwa) itu terjadi di bulan Ramadan.” (Muttafaqun ‘alaih).

Tata Cara Niat Sholat Tarawih Dan Jumlah Rakaat Sholat Tarawih

Niat Sholat Tarawih
Kembali kepada pokok pembahasan, tata cara niat sholat tarawih tidak berbeda sebagaimana yang diucapkan dalam sholat - sholat lain yakni cukup diucapkan dalam hati, yang terpenting adalah niat ditujukan hanya karena alloh ta'ala semata dengan hati yang ikhlas mengharapkan rihonya.

Untuk pelafadzan niatnya seperti berikut :

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُومًا/إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Walaupun demikian, ada beberapa cara dalam mengerjakan salat Tarawih, salah satunya dengan formasi 2 kali 4 rakaat masing masing dengan sekali salam setiap selesai 4 rakaat. Oleh karena itu, dalam niat salat tarawih, niatnya disesuaikan menjadi "arba'a raka'atin".

Jumlah Rakaat Sholat Tarawih
Untuk lebih melengkapi lagi penjelasan tentang sholat tarawih ada baiknya kita mengetahu Jumlah Rakaat Sholat Tarawih itu sendiri, sebab dalam fakta dilapangan, ummat muslim berbeda dalam menerapkannya. Ada salah satu golongan yang shoat tarawih dengan jumlah 8 rakaat dan dilanjutkan sholat witir 3 rakaat. Yang demikian sebagaimana yang telah dipraktikkan rosulullah. Sedangkan pada masa khilafah umar menjadi 20 rakaat dan 3 rakaat sholat witir. Tentu hal yang demikian menjadi perbedaan klasik yang bahkan bertahan sampai saat ini.

Untuk lebih memahami lagi mengenai berapa Jumlah Rakaat Sholat Tarawih, berikut sedikit penjelasan beserta sumber dalil yang bisa diutarakan :

Beberapa golongan yg tarowikh 11 roka’at (+witir) dan yang menolak 23 rokaat (+witir) sering menggunakan dalil berikut: 
Dari Abi Salamah bin Abd al-Rahman, ia pernah bertanya kepada Sayyidah A`isyah radhiyallahu `anha perihal shalat yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada bulan Ramadhan. A`isyah menjawab : “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak pernah menambahi, baik pada bulan Ramadhan maupun selain bulan Ramadhan, dari sebelas rakaat. Beliau shalat empat rakaat, dan jangan kamu tanyakan baik dan panjangnya. Kemudian beliau shalat empat rakaat, dan jangan kamu tanyakan baik dan panjangnya.

Kemudian beliau shalat tiga rakaat. A`isyah kemudian berkata : “Saya berkata, wahai Rasulullah, apakah anda tidur sebelum shalat Witir?” Beliau menjawab : “Wahai A`isyah, sesungguhnya kedua mataku tidur, akan tetapi hatiku tidak tidur (HR. al-Bukhari, hadits no: 2013).

Sebenarnya ini bukan hadits tarowikh tp hadits witir alasan pertama tarawikh hanya pada bulan romadlon (mnurut para ulama’) sedangkn hadits diatas mennjukkan bahwa nabi sholat 11 rokaat itu di dalam dan diluar bulan romadlon alasan kedua saat aisyah bertanya kpd nabi degan menggunakan kata witir bukan tarowikh Dan masih banyak hadits yg dibuat rujukan tarowikh 11 rokaat (+witir) tp sebenarnya bukan dalil tarowikh.

Dari penjelasan hadits di atas bisa disimpulkan tata cara sholat tarawih bisa dengan cara formasi sholat dua rakaat dengan satu salam sebanyak 4 kali ditambah 3 rakaat witir. Atau juga bisa dengan cara 4 rakaat satu salam sebanyak 2 kali ditambah 3 rakaat witir.(ref)

Sedangkan golongan yang tarawih 23 rokaat (+witir)  menggunakan dalil berikut :
atsarusshohabat
“Diriwayatkan dari Ibnu Syihab, dari `Urwah bin al-Zubair, dari Abd. Rahman bin Abd. al-Qari, ia berkata: “Pada suatu malam di bulan Ramadhan, saya keluar ke masjid bersama Umar bin al-Khatthab. Kami mendapati masyarakat terbagi menjadi beberapa kelompok yang terpisah-pisah. Sebagian orang ada yang shalat sendirian.

Sebagian yang lain melakukan shalat berjamaah dengan beberapa orang saja. Kemudian Umar berkata: “Menurutku akan lebih baik jika aku kumpulkan mereka pada satu imam.” Lalu Umar berketetapan dan mengumpulkan mereka pada Ubay bin Ka`ab.

Pada kesempatan malam yang lain, aku (Rahman bin Abd. al-Qari) keluar lagi bersama Umar. (dan aku menyaksikan) masyarakat melakukan shalat secara berjamaah mengikuti imamnya. Umar berkata: “Ini adalah sebaik-baik bid`ah…” ( HR. Bukhori 2010) Atsar ini sangat bisa dijadikan rujukan tarowikh 23 Rokaat(witir) karena keumuman lafadz sholat yg disebutkan oleh sayyidina umar.

Adapun tata cara sholat tarawih yang berjumlah 23 rakaat pada umumnya melakukan sholat 2 rakaat sholat tarawih dengan satu salam sebanyak 10 kali ditambah dengan 4 rakaat sholat sunnah witir.

Kami kira cukup sekian penjelasan mengenai Tata Cara Niat Sholat Tarawih Dan Jumlah Rakaat Sholat Tarawih semoga bisa memberikan gambaran lebih jelas lagi dan menghargai adanya perbedaan. bagi siapa saja yang membaca dan menemukan apabila ada kekurangan dalam menjelaskan permasalahan di atas mohon untuk dilengkapi di kolom komentar yang tersedia. terima kasih.

Tata Cara Niat Sholat Tarawih Dan Jumlah Rakaat Sholat Tarawih

Sumber : Klik Di sini
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2013 - 2014. Karang Taruna Bhakti Bulang - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz