7 Nov 2013

Memahami Pengertian CPU / Komputer Secara Umum

Komputer merupakan salah satu benda yang bisa dikatan fenomenal karena mampu membantu meringankan atau memudahkan pekerjaan sesorang maupun orang banyak. Selan itu juga Komputer mampu menyimpan sampai dengan milyaran data dalam sebuah komponen yang memiliki ukuran tidak terlalu besar atau yang sering disebut dengan hardisk.

Pernahkah kita berfikir bagaimana sebuah perangkat yang bernama komputer itu bisa bekerja sedemikian rupa sehingga mampu membuat berbagai variasi hasil karya yang sangat menakjubkan? tentu pernah terbersit dalam pikiran kita tentang pertanyaan itu. Jika kita ingin mengetahuinya lebih dalam, tentu kita harus berusaha keras untuk fokus mempelajari tentang apa itu komputer.

Untuk itu, perlu kiranya kita sekedar mengetahui pengertian komputer secara umum saja supaya dapat memahami tentang kapan komputer itu muncul, bagaimana komputer itu bisa bekerja, dan bagaimana kita bisa menggunakan seperangkat komputer untuk kebutuhan sehari - hari,

Memahami Pengertian CPU / Komputer Secara UmumPENGERTIAN CPU / KOMPUTER
Secara umum, Komputer pada mulanya mempunyai arti orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu dan komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata komputer digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung..

BAGAIMANA KOMPUTER ITU BISA BEKERJA
Jelas kita bertanya-tanya bagaimana komputer itu bisa bekerja dan menghasilkan karya yang begitu bervariasi. Kok bisa begitu yaa? mungkin ini sedikit jawabannya.
Menurut Arsitektur Von Neumann, dia menggambarkan komputer dengan empat bagian utama yakni
  • Unit Aritmatika dan Logis (ALU), 
  • unit kontrol, 
  • memori, dan 
  • alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Dari ke empat bagian itu ada penjelasan masing - masing, dan akan tetapi jika ingin mengerti secarai garis besarnya maka bagaimana komputer itu bisa bekerja kurang lebih jawabannya seperti berikut : Cara kerja komputer secara garis besar terbagi ke dalam tiga golongan yaitu :

Input, yaitu Media yang digunakan untuk memasukan data ke dalam process, media ini seperti Keyboard,Mouse,Tave Recorder, HandyCam, CAM dan lain-lainnya.

Process, yaitu suatu alat yang digunakan untuk memproces data dari Input yang nantinya akan di keluarkan ke system Output. Proces ini berperan penting dalam system Komputer. Media untuk process yang sudah menjadi system yang utuh yaitu biasa kita kenal dengan Mainboard atau sering disebut dengan Motherboard.

Dimana di dalam mainbord ini sudah termasuk di dalamnya yaitu CPU (Central Processing Unit), biasanya orang menyebut CPU itu adalah sudah dalam satu kemasan beserta Casingnya yang berbentuk kotak yang lengkap didalam nya.

Sebenarnya jantung dari semua proces data itu terletak pada inti yang bernama yaitu Processor, Processor ini merupakan komponen Elektronika yang sudah terprogram dengan rangkaian-rangkain logika di dalamnya. contoh processor misalnya Pentium 1, pentium 2, sampai dengan pentium 4 dan yang lebih populer sekarang ini pentium Core 2 duo atau core Duo.

Output, yaitu media keluaran dimana media ini adalah untuk menampilkan hasil data dari proces tersebut, media Output ini berupa PRinter, Plotter, dll.

BAGAIMANA MENGGUNAKAN KOMPUTER
Jika berfikir ingin menggunakan komputer untuk kebutuhan sehari hari, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah memahami pengertian komputer secara umum yang sudah dijelaskan diatas, kemudian belajar bagaimana menjalankan sebuah komputer, jika sudah mampu mengoprasikan sebuah komputer maka kita perlu menyesuaikan komputer itu untuk kebutuhan kita sehari hari, untuk apakah komputer itu? apakah untuk mengetik pekerjaan sekolahan, perkantoran atau untuk menjalankan bisnis.

Demikian artikel buat kalian untuk Memahami Pengertian CPU / Komputer Secara Umum. Semoga bermanfaat. kurang lebihnya, silahkan memberi komentar.

Sumber : Wikipedia

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.