Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian SRAM dan Jenis SRAM Secara Umum

Pengertian SRAM dan Jenis SRAM Secara Umum

Pengertian SRAM dan Jenis SRAM Secara Umum
RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen atau hardware yang sangat mempengaruhi kinerja sebuah komputer. Sejauh mana RAM ini dapat mempengaruhi kinerja komputer adalah tergantung dari jenis dan kapasitas RAM tersebut. Adapun tipe RAM seperti SRAM, NV-RAM ataupun DRAM. Mungkin dari kalian pengguna komputer tidak mau pusing-pusing mikirin apa itu RAM, untuk apa RAM itu, maka disini kami mencoba berbagi informasi mengenai hal tersebut. Anggap saja ini sebagai penyaluran ilmu terhadap siapa saja yang baru saja ingin memahami tentang komponen komputer termasuk RAM ini. Untuk pengertian atau definisi RAM sudah pernah kami tulisa dalam artikel Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis RAM untuk sebuah komputer. Disini akan lebih dispesifikasikan lagi pembahasan mengenai tipe SRAM.

Pengertian SRAM 

Ialah Static Random Access Memory. Statik menandakan bahwa memori memegang isinya selama listrik tetap berjalan, tidak seperti RAM dinamik (DRAM) yang membutuhkan untuk disegarkan secara periodik. Hal ini dikarenakan SRAM didesain menggunakan transistor tanpa kapasitor. Tidak adanya kapasitor membuat tidak ada daya yang bocor sehingga SRAM tidak membutuhkan refresh periodik. SRAM juga didesain menggunakan desain cluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi.
Desain ini membuat SRAM lebih mahal tapi juga lebih cepat jika dibandingkan dengan DRAM. Secara fisik chip, biaya pemanufakturan chip SRAM kira kira tiga puluh kali lebih besar dan lebih mahal daripada DRAM. Tetapi SRAM tidak boleh dibingungkan dengan memori baca-saja dan memori flash, karena ia merupakan memori volatil dan memegang data hanya bila listrik terus diberikan. Akses acak menandakan bahwa lokasi dalam memori dapat diakses, dibaca atau ditulis dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan lokasi alamat data tersebut dalam memori. Chip SRAM lazimnya digunakan sebagai chace memori , hal ini terutama dikarenakan kecepatannya. Saat ini SRAM dapat diperoleh dengan waktu akses dua nano detik atau kurang , kira kira mampu mengimbangi kecepatan processor 500 MHz atau lebih.

Jenis SRAM 

Untuk pembahasan ini jenis SRAM dibedakan berdasarkan jenis transistor dan fungsinya.
Jenis SRAM berdasarkan jenis transistor
bipolar (sekarang tidak banyak digunakan: mengonsumsi banyak listrik namun sangat cepat).
CMOS (jenis paling umum).
Jenis SRAM berdasarkan fungsinya
Asynchronous.
Synchronous.
Kurang lebih mengenai Pengertian SRAM dan Jenisnya seperti yang sudah kalian baca diatas. Untuk lebih memperdalam informasi tentang memory komputer atau RAM bisa baca juga Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis RAM untuk Komputer.

Post a Comment for "Pengertian SRAM dan Jenis SRAM Secara Umum"