Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Makan Sahur Dan Menyegerakan Buka Puasa

Keutamaan Makan Sahur Dan Menyegerakan Buka Puasa - Pada kesempatan kali ini kami mencoba menginformasikan kepada pembaca terkait Keutamaan Makan Sahur Dan Menyegerakan Buka Puasa yang sudah berhasil kami sadur dan susun ulang dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti.

Sahur dan berbuka merupakan salah satu rangkaian dari ibadah puasa sunnah maupun puasa wajib (Ramadhan). Disamping itu juga, sahur dan buka puasa mempunyai hikmah dan juga keutamaan tersendiri jika dikerjakan sebagaimana yang sudah dianjurkan oleh rosululloh s.a.w.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/06/keutamaan-mengakhirkan-makan-sahur-dan-menyegerakan-buka-puasa.html
Makan Sahur bisa dilakukan sebelum terbitnya fajar shodiq atau sebelum menjelang adzan shubuh dikumandangkan. Waktu yang terbaik seperti penjelasan hadits nabi yakni waktu sahur kira-kira bacaan 50 ayat al-Quran sebelum sholat shubuh.

Ada sebuah Hadis diceritakan dari Zaid bin Thabit r.a katanya: "Kami pernah bersahur bersama Rosulullah s.a.w. Setelah itu kami pun mendirikan sembahyang Subuh". Kemudian aku bertanya:
"Berapakah selang waktu di antara keduanya?" Rosululloh menjawab: "Kira-kira bacaan lima puluh ayat".

Kemudian untuk makan sahur bisa dengan segelas air atau sesuap nasi saja, akan tetapi lebih baik dilakukan dengan cara yang lebih baik lagi. Tidak dianjurkan makan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak, karena bisa mengganggu kesehatan.

Ada beberapa hadits terkait makan sahur, diantaranya hadits yang diceritakan dari Abu Sa’id al-Khudri ra, Rosulullah Saw bersabda: "Sahur itu makanan yang barakah, janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya meneguk setengah air, karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur".

Dalam hadits lain yang diriwayatkan abu dawud, bahwa rosululloh bersabda sebaik - baiknya sahurnya seorang mukmin adalah korma.

Keutamaan Makan Sahur Dan Menyegerakan Buka Puasa

Jika kita bicara soal keutamaan makan sahur, ada salah satu hadits yang diceritakan dari Amar bin 'Ash ra, bahwa rosulullah bersabda : "Pembeda antara puasa kita dengan puasanya ahli kitab adalah makan sahur" (HR. Muslim).

Keutamaan lain dari sahur ialah adanya barokah sebagaimana keterangan dalam hadits dari Dari Salman ra, Rasulullah Saw bersabda: “Barokah itu ada pada tiga perkara: al-Jama’ah, ats-Tsarid dan makan Sahur.” (HR At Thabrani).

Keutamaan Makan Sahur

Bisa disimpulkan dari penjelasan diatas bahwa keutaman dari makan sahur itu adalah:
Mendapatkan barokah.
Alloh dan malaikat senantiasa bersholawat pada orang yang makan sahur.
membedakan antara puasanya orang mukmin dengan puasanya ahli kitab.

Keutamaan Menyegerakan Buka Puasa

Kemudian jika bicara soal menyegerakan buka puasa, maka ada beberapa hadits yang menjelaskannya diantaranya dari sahl bin sa'ad dala shohihain, bahwa rosululloh bersabda "Senantiasa manusia itu dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka".
Keutamaan Makan Sahur Dan Menyegerakan Buka Puasa