Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kemerdekaan Secara Umum

http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/08/pengertian-kemerdekaan-secara-umum.html
Pengertian Kemerdekaan Secara Umum Sangat penting untuk di pahami secara seksama oleh masing - masing pribadi dan juga oleh semua rakyat indonesia pada umumnya. Sebab sudah lebih dari separuh abad rakyat indonesia merasakan masa kejayaan setelah beratus tahun di jajah.

Meskipun begitu, masih banyak dari kita orang indonesia kurang bisa memahami apa arti dari kemerdekaan itu sendiri. Hal itu dibuktikan dengan adanya sikap atau prilaku generasi bangsa saat ini cenderung merusak moral bangsa indonesia secara utuh.

Terbukti dari banyaknya kasus seperti pembunuhan, korupsi, tindak asusila yang mana kesemuanya itu merupakan faktor dimana secara pribadi atau umum mencerminkan kalau bangsa ini belum merdeka. Kenapa begitu? apakah dengan hal tersebut bangsa ini bisa dikatakan masih dijajah? lalu yang dinamakan merdeka itu yang bagaimana?

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk mengutarakan beberapa pendapat mengenai pengertian kemerdekaan secara umum yang mana akan ada komparasi definisi tentang kata merdeka itu sendiri.

Pengertian Merdeka Menurut Bahasa Indonesia

Merdeka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bebas, berdiri sendiri, tidak terkena atau lepas dari tuntutan, Merdeka bisa diartikan tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu. Sedangkan Kemerdekaan adalah keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, atau bisa diartikan kebebasan.

Pengertian Merdeka Menurut Bahasa Arab atau Para Ulama'

Secara ringkas, ada 4 arti dasar merdeka menurut bahasa arab yakni Itqun minannar, khurriyah, fakku roqobah, dan istiqlal. Dari ke empat kata tersebut memiliki pengertian sebagai berikut:
  • Itqun Minannar: Pembebasan dari api neraka. Sebagaimana sabda nabi muhammad s.a.w dalam konteks puasa ramadhan yang berbunyi : … awaluhu rahmah, wausatuhu maghfiroh, wa akhiruhu itqun minannar. (di awal puasa ramadhan itu merupakan rahmat, pertengahannya merupakan ampunan, dan diakhir merupakan pembebasan dari siksa api neraka. 
  •  Khurriyah ( Fatahriru roqobah ) : Merdeka. Makna “merdeka” di sini adalah : asyrofuhum, yuqolu huwa hurriyatu min qoumih. Artinya, dikatakan merdeka di sini ini jika seseorang itu menjadi mulya. Pengertiannya, tidak ada kelas di dalam kehiupan manusia; tidak ada kasta, tidak ada “nomor satu”, tidak “nomor dua”, tidak ada ningrat, tidak ada suku yang merasa unggul dipihak lain.  
  • Fakku roqobah: melepaskan atau memerdekan budak dari tuannya. Dalam alqur'an surat al-balad 12-13 disebutkan: “Wamaa adroka mal ‘aqobah, fakku roqobah”. 
  • Istiqlal: Diambil dari bahasa sehari-hari. Pengertiannya adalah, تفرد به ولم يشرك فيه (taffarroda bihi walam yusyrik fiih) Artinya: Mandiri. Tidak mau dicampur tangani oleh siapapun. Maksudnya, sebuah bangsa yang “merdeka” (istiqlal) berarti tidak bisa dicampurtangani negara lain. Negara merdeka berarti negara itu mandiri, memanage diri sendiri.
Dari keempat kata diatas Jika disimpulkan memiliki arti yang sama yakni merdeka, bebas atau lepas dari siksaan, bebas dari tanggungan perbudaan dan juga bebas berdiri sendiri tanpa ada campur tangan dari pihak manapun.

Kesimpulan
Jika semua pengertian tadi dikomparasikan untuk di simpulkan menjadi satu pengertian kemerdekaan, maka menurut hemat penulis, merdeka tidak hanya bebas dari pihak lain dalam hal ini penjajah, atau bisa berdiri sendiri, mandiri dan juga bisa menentukan pilihan sendiri.

Merdeka bisa juga diartikan terbebas dari kekangan hawa nafsu yang selalu mengekang diri kita untuk selalu memenuhi keinginan, hasrat duniawi saja. Satu contoh orang boleh saja memiliki harta berlimpah akan tetapi dalam hatinya terdapat rasa kekurangan atas apa yang dimilikinya, selalu mengeluh, tidak peduli terhadap sesama, jarang mengeluarkan sedikit hartanya untuk memenuhi tuntutan agama dan lain sebagainya. Orang seperti ini termasuk dalam kategori orang yang belum merdeka.

Kemerdekaan akan bisa dirasakan oleh rakyat indonesia jika saja para pejabat tidak memakan harta yang bukan menjadi haknya, begitu juga dengan warganya supaya sadar akan tindakan yang bernilai negatif seperti mencuri, mabuk - mabukan, nyabu, asusila, pembunuhan dan lain sebagainya bisa merugikan dirinya sendiri yang berakibat terkena tuntutan, tidak bisa bebas, ataupun lepas dari jeratan hukum dunia dan akhirat.

Semoga dengan memahami sedikit penjelasan tentang pengertian kemerdekaan secara umum di atas, memberikan rangsangan kepada kita agar selalu berbuat positif untuk mendapatkan predikat sebagai manusia yang MERDEKA baik di dunia maupun akhirat.

Baca juga informasi terkait kemerdekaan republik indonesia yang terangkum pada artikel Peringatan HUT Republik Indonesia.

Post a Comment for "Pengertian Kemerdekaan Secara Umum"