10 Aug 2014

Pentingnya Pemanasan, Fungsi dan Manfaat Sebelum Olahraga

Pemanasan sebelum olahraga
Sebelum memulai untuk melakukan suatu kegiatan olahraga apa saja, ada baiknya melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan yang paling umum dilakukan oleh para atlit olahragawan adalah melakukan pemanasan sebelum memulai bertanding. Kenapa demikian, sebeb pemanasan sangat penting untuk menghindari terjadinya cidera dan juga untuk menjaga ketahanan stamina dan fisik tubuh.

Sebenarnya kalau kita mengerti betapa pentingnya pemanasan atau warming up, fungsi dan manfaatnya bagi tubuh, sebaiknya kita juga melakukannya di rumah sebelum memulai untuk berolahraga. Berikut sedikit informasinya.

Pengertian Pemanasan (Warming Up)

Ada beberapa definis pemanasan sebelum memulai olahraga yang berhasil kami ambil dari situs tetangga yakni sebagai berikut:
  1. Pemanasan olahraga adalah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan frekuensi jantung secara berlahan, sehingga tersedia cukup waktu untuk mengisi otot yang bekerja dengan darah yang kaya akan oksigen.
  2. Pemanasan olahraga adalah salah satu bentuk persiapan emosional, fisiologis, dan psikologis untuk melakukan berbagai macam latihan.
  3. Pemanasan olahraga adalah beberapa gerakan persiapan tubuh untuk melakukan kegiatan yang lebih berat dengan cara melakukan beberapa latihan sederhana sebelum melakukan inti kegiatan yang lebih berat.
  4. Pemanasan olahraga merupakan satu bagian dasar program latihan permulaan. Pemanasan olahraga ini terdiri atas serangkaian latuhan (gerakan) yang dilakukan pada waktu melakukan aktivitas olahraga.
  5. Pemanasan olahraga merupakan gerakan peregangan dan pelemasan sebelum melakukan latihan atau olahraga utama sehingga otot-otot tubuh meregang dan lemas sehingga ketika melakukan olahraga/latihan utama tidak mengalami kram atau kejang otot.
  6. Pemanasan olahraga adalah gerakan pendahuluan sebelum melakukan olahraga utama supaya otot-otot tubuh yang terlibat dalam aktivitas gerak siap dan tidak menimbulkan cidera pada otot atau persendian.
  7. Pemanasan olahraga melakukan beberapa gerakan sebelum melakukan olahraga untuk menghindari terjadinya cidera selama melakukan olahraga.
Dengan penjelasan di atas mungkin bisa memberikan sedikit gambaran tentang pemanasan yang dilakukan sebelum berolahraga sehingga akan tahu tentang manfaat dan fungsinya.

Fungsi atau Manfaat Penting dari Pemanasan

Sebenarnya yang berperan penting dalam sebuah olahraga yakni pergerakan seluruh anggota yang ada dalam tubuh kita. Jadi dengan adanya pemanasan ini akan mempengaruhi terhadap kinerja masing - masing anggota tubuh ketika di gunakan untuk pergerakan yang cepat saat berolahraga. Peredaran darah yang kaya akan nutrisi dan oklsigen akan mengalir keseluruh otat dengan lancar.

Oleh karena itu manfaat pemanasaan sangat berpengaruh terhadap ketahanan tubuh seperti otot, jantung, paru - paru dan memperlancar peredaran darah itu sendiri. Pemanasan itu sendiri berfungsi menjadikan tubuh lebih siap saat di gunakan untuk olahraga.

Selain itu juga, akan ada dampak buruk bagi tubuh jika berolahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu, ada kemungkinan tubuh akan mengalami hal - hal berikut ini:

Dampak Buruk Tidak Melakukan Pemanasan.

Dengan adanya pergerakan anggota tubuh, sudah barang tentu harus ada kestabilan stamina dan kondisi badan yang fit untuk menghindari terjadinya cidera pada otot dan persendian. Oleh karena itu jika tidak melakukan pemanasan dikawatirkan otot yang berfungsi mengalirkan darah akan kaget dan bisa terjadi dampak buruk pada diri kita seperti cidera lutut, sesak nafas, dan bahkan pingsan pada saat berolahraga.

Naah mulai ssat ini biasakanlah untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga entah itu 10, 20 atau 30 menit agar tubuh kita benar - benar siap dan bisa sehat sepanjang hari.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.