19 Sep 2014

Cara Membeli Barang Secara Online Dengan Aman

Semakin berkembangnya kecanggihan teknologi sekarang banyak orang memanfaatkannya sebagai alat untuk bertransaksi jual beli secara online. Banyak penyedia layanan jual beli produksi atau barang pribadi yang menawarkan untuk memasarkan secara gratis agar produk bisa dengan mudah dipasarkan. Meskipun demeikian, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Selain sebagai pendukung aktifitas transaksi sehari-hari, beberapa hal terkait keamanan, kepercayaan serta kecerdasan masing-masing pihak sangat di butuhkan agar tidak ada yang dirugikan.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/09/cara-membeli-barang-secara-online-dengan-aman.html
Jika berbicara mengenai keamanan, sudah pasti terkait bagaimana sistem yang digunakan saat bertransaksi. Apakah benar - benar aman atau malah disengaja dibuat penipuan oleh pihak tak bertanggungjawab.Satu contoh yang sering terjadi adalah seorang pembeli mentransfer uang kepada penjual untuk membeli sesuatu yang sudah ditawarkan melalui online shop, perjanjian barang akan dikirim dalam batas minimal 2 x 24 jam. Namun apa yang terjadi malah barang tidak sampai ke tangan pembeli dan tidak ada kabar lagi dari penjual. Hal ini adalah penipuan dan sangat amat merugikan orang lain.

Ada juga hal ceroboh dari pihak pembeli yakni menaruh kepercayaan penuh kepada calon pembeli dengan cara mengirimkan barang terlebih dahulu sebelum ada transfer uang. Langkah ini membuka peluang kepada pembeli untuk tidak membayarkan jumlah harga barang yang dibelinya.

Oleh karena itu agar transaksi jual beli online kita aman, ada baiknya memperhatikan tips dan trik berbelanja online di bawah ini:

9 Cara Membeli Barang Secara Online

  1. Pastikan situs atau web yang Anda kunjungi memilik popularitas baik seperti di fb kaskus atau layanan jual beli online lainnya. 
  2. Pastikan no HP, website, rekening dan alamat yang digunakan penjual 
  3. Teliti barang dan tanyakan detail barang yang akan Anda beli, misalnya tanyakan Apakah Original atau Kw. 
  4. Apabila memungkinkan transaksi sebaiknya dilakuan secara langsung atau COD (Cash on Delivery) 
  5. Jika Cod, periksa betul secara detail barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansinya. 
  6. Jangan Tergiur dengan harga murah dan Anda meras harganya kurang tepat dengan harga normal untuk menghindari penipuan 
  7. Cek juga popularitas si penjual pada forum tersebut atau cari profilenya dengan searching di Google terlebih dahulu 
  8. Lihat juga testimonial dari pelanggan yang sebelumnya agar Anda lebih yakin dengan si penjual 
  9. Pastikan no rekening si penjual pada saat melakukan Transfer.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.