14 Dec 2014

Kata-Kata yang Terlanjur Salah Kaprah di Masyarakat

Daftar Kata Salah Kaprah - Pengucapan yang disampaiakan oleh seseorang menentukan tingkat pemahaman terhadap lawan bicaranya. Hal ini tentu tidak lepas dari kebiasaan penyampaian kata-kata atau istilah yang digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Terkadang orang berbicara salah namun tidak mengerti dan menganggap apa yang di ucapkannya itu adalah benar. Ini bisa disebut juga sebagai "Salah Kaprah", maksudnya yaitu sesorang akan berbicara tentang beberapa istilah atau kata yang sebenarnya salah dalam arti sebenarnya namun sah dalam pengucapannya. Semua itu bisa dikarenakan dari beberapa faktor seperti daerah tempat tinggal atau karena salah penyebutan merek suatu produk. Apa saja kata-kata yang dianggap salah kaprah itu, berikut beberapa daftarnya.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/12/kata-kata-yang-terlanjur-salah-kaprah.html

Kata-Kata yang Terlanjur Salah Kaprah di Masyarakat


Sanyo : Pompa Air
Masih banyak orang yang mengatakan kata ini ketika membeli pompa air dan saya sendiri terkadang menggunakan kata sanyo ini. Ada banyak merek pompa air seperti DAB, Matsunichi.

AQUA : Air Minum Dalam Kemasan
Semakin banyaknya merek air mineral dalam kemasan yang dijual di toko-toko, mini market, atau supermarket, membuat kata AQUA menjadi ikon utama penyebutan sesorang yang membeli air mineral. Sebut saja seperti merek Ades, Total, Santri, Anda, Clup, Sam dan lain sebagainya.

Accu : Aki
Dalam hal ini seseorang terbiasa dalam mengucapkan AKI daripada ACCU dikarenakan beberapa faktor, bisa karena daerah asal tempat tinggal dan lain sebagainya.

LPG : Elpiji
Ini juga bisa disebabkan dari mana sesorang itu berasal.

Accu : Aki
Biasanya ini digunakan oleh orang jawa tulen.

Tali Rafia : Rumput Jepang
Kata ini yang membuat saya mengerti kalau selama ini saya salah dalam mengucapkan tali rafia menjadi rumput jepang karena saya berasal dari jawa timur.

Autan : Lotion Anti Nyamuk
Kata Autan juga menjadi salah satu ikon penting ketika orang membeli loution anti nyamuk. Sebenarnya banyak merek lainnya seperti, soffel, sari puspa, dee-dee dan lain sebagainya

Molto : Deterjen pewangi pakaian
Banyak merek lain seperti soklin dan lain sebgainya

Levis : Celana Jeans
 
Motor : Sepeda Motor

Speaker Aktif : Salon

Dari Kata-Kata yang Terlanjur Salah Kaprah di Masyarakat, Kata mana yang biasanya kalian ucapkan dalam kehidupan sehari-hari?

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.