15 Apr 2015

Profil Lengkap dan Biografi Singkat Jokowi Presiden Indonesia

 Profil Lengkap dan Biografi Singkat Jokowi Presiden Indonesia - Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi merupakan anak bangsa berasal dari pedesaan yang berhasil meraih cita-citanya sebagai orang nomor satu di Indonesia. Pria berpawakan kurus kelahiran surakarta, solo 54 tahun silam atau tepatnya pada tanggal 21 juni 1961 ini memiliki usaha di bidang mebel mewarisi usaha orang tuanya. Meskipun begitu, Jokowi mampu mewujudkan cita-citanya tidak hanya sebagai pengusaha mebel, dia juga sukses jadi Wali Kota Solo selama 10 tahun sejak masa Abdi 2005-2012 bersama F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakilnya. Selama periode pertama, jokowi menghabiskan masa jabarannya untuk mengabdi kepada masyarakat solo. Namun, selama dua tahun periode ke duanya sebagai walikota, dia menapakkan kakinya di Jakarta menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta bersama Basuki Purnama atau yang akrab di panggil "Ahok". Sekali lagi, Belum genap menghabiskan masa jabatannya sebagai Gubernur di DKI, Jokowi kembali di tunjuk oleh partai pengusungnya yakni PDIP untuk maju sebagai Calon Presiden RI ke-7 Bersama Jusuf Kalla sebagai wakilnya. Alhasil, dia berhasil menduduki jabatan sebagai Orang Nomor Satu di Indonesia untuk masa jabatan 2014-2019.
H. Ir. Joko Widodo
Atas pencapaiannya yang sangat luar biasa itu, tentu ada beberapa faktor yang mampu menjadikannya sebagai orang terpandang di Indonesia. Salah satunya yaitu dia selalu aktif BLUSUKAN langsung dan menyempatkan bertatap muka bersama masyarakat umum. Selama menjabat sebagai Wali Kota Solo, dia terkenal santun dan sering mengundang dan mengajak makan toko-toko masyarakat di gedung pemerintahan. Mengajak sharing bersama tentang permasalahan yang ada di Solo dan sekitarnya.

Oleh karena itu, agar lebih tahu lebih jauh lagi tentang kepribadian Presiden Jokowi, di sini penulis mencoba berbagi Profil lengkap dan Biografi Jokowi mulai dari awal karirnya sebagai pengusaha mebel sampai menjadi presiden republik Indonesia. Siapa tahu dengan mengenal beliau lebih jauh, kita bisa mengambil pelajaran, baik dari segi prilaku, tutur bahasa, atau gaya berpolitik beliau. Berikut ulasan selengkapnya.

Profil / Biodata Jokowi

Nama : H. Ir. Joko Widodo
Nama Panggilan/Populer : Jokowi
Lahir : Surakarta, 21 Juni 1961
Agama : Islam
Ayah : Noto Mihardjo
Ibu : Sujiatmi Notomihardjo
Pasangan : Iriana Joko Widodo
Anak : Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu
Pendidikan : UGM angkatan 1985
Hobi : Sepakbola, Futsal, Mendengarkan Musik Beraliran Keras

Jabatan atau Kedudukan

Walikota Surakarta ke-16 ( 2005 - 2012 )
Masa jabatan : 28 Juli 2005 – 1 Oktober 2012
Penguasa monarki : Pakubuwana XIII
Presiden : Susilo Bambang Yudhoyono
Gubernur : Mardiyanto, Ali Mufiz, Bibit Waluyo
Wakil :    F.X. Hadi Rudyatmo

Gubernur DKI Jakarta ke-16
Masa jabatan : 15 Oktober 2012 – 16 Oktober 2014
Presiden : Susilo Bambang Yudhoyono
Wakil : Basuki Tjahaja Purnama

Presiden Indonesia ke-7
Mulai menjabat : 20 Oktober 2014
Wakil Presiden     : Muhammad Jusuf Kalla

Sebelum meraih kesuksesan sebagai pengusaha dan pemimpin di negeri ini, ternyata Jokowi mempunyai cerita yang patut di contoh saat masih mudah dan saat menjadi pengusaha. Berikut ulasannya.

Suka Duka Jokowi Kecil Bersama Keluarga

Pengalama pahit yang pernah di alami jokowi saat masih kecil ia pernah menjadi ojek payung, jadi kuli panggul dan berdagang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Disaat anak-anak lain seusianya pergi sekolah naik sepeda, dia rela berjalan kaki untuk menuju sekolahan. Dia bersama keluarganya sempat menalami penggusuran rumah sebanyak tiga kali. Meskipun begitu, dia tetap giat untuk meneruskan usahanya ayahnya dengan dimulai menjadi penggergaji kayu di usia 12 tahun.

Jokowi Semasa Kuliah Dan Berwirausaha 

Jokowi menyelesaikan kuliahnya di Universitas Gajah Mada Jogjakarta dengan mengambil fakultas kehutnan jurusan Kehutanan dan berhasil menyelesaiakan studinya dengan judul skripsi "Studi Tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis Pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta".

Setelah lulus pada tahun 1985, ia bekerja di BUMN PT Kertas Kraft Aceh namun tidak betah dan memutuskan pulang menemani istrinya yang sedang mengandung tujuh bulan. Dari sini dia mulai menekuni usaha di bidang kayu dan bekerja di usaha milik pakdenya, miyono. Pada tahun 1988, ia membuka usaha sendiri dengan nama CV Rakabu. Usahanya tidak selalu mulus, ia juga pernah tertipu pesanan yang akhirnya tidak dibayar. Namun pada tahun 1990 ia bangkit kembali dengan pinjaman modal Rp 30 juta dari Ibunya. Dari Usahanya ini membawanya bertemu Micl Romaknan, yang akhirnya memberinya panggilan "Jokowi" yang bisa populer sampai saat ini. Dengan kejujuran dan kerja kerasnya, ia mendapat kepercayaan dan bisa menapaki Eropa. Pengaturan kota yang baik di Eropa menjadi inspirasinya tersendiri untuk diterapkan di Solo dan menginspirasinya untuk memasuki dunia politik.

Demikian sedikit ulasan tentang Profil Lengkap dan Biografi Singkat Jokowi Presiden Indondesia ke-7. Jika kalian merasa informasi ini kurang lengkap, silahkan mencari informasi di situs tetangga seperti wikipedia. Semoga dari penjelasan di atas tadi, kita bisa mengambil sedikit pelajaran dari pribadi Jokowi yang kini menjabat presiden RI.

Wikipedia
Baca juga bigrofi lainnya di sini

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.