8 Nov 2013

Komponen - Komponen Komputer / CPU Pada Umumnya

Komponen - Komponen Komputer Pada Umumnya

Komponen - Komponen KomputerUntuk mengetahui apa saja komponen yang terdapat dalam komputer ada baiknya kita membahasnya pada artikel kali ini. Seperti halnya dengan suatu alat pada umumnya yang terbentuk dalam susunan yang bisa bekerja satu sama lain sesuai dengan tugasnya masing-masing. Katakan saja sebuah sepeda motor yang memiliki beberapa jenis komponen yang dengannya sepeda motor itu bisa bisa bergerak. Satu contoh komponen sepeda motor adalah roda, yang mana dengan roda itu sepeda motor bisa bergerak melaju dalam kecepatan tinggi.

Begitu juga halnya dengan komputer memiliki komponen - komponen yang bisa membuatnya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pengguna. Kenapa komputer bisa bekerja, jawaban singkatnya adalah karena komputer itu mempunyai beberapa komponen yang bisa menerima perintah sesuai dengan fungsinya masing masing. Apa sajakah Komponen - komponen komputer itu? berikut sedikit penjelesannya :

Komponen - Komponen Komputer Pada Umumnya
Komputer atau yang sering disebut dengan CPU (Central processing Unit) secara garis besar memiliki beberapa komponen yakni :
Perangkat keras (Hardware) Komputer
Perangkat Lunak (Software) Komputer

Dari kedua komponen itu bisa diperinci lagi sebagai berikut :

# Perangkat Keras Komputer / CPU (Hardware)

  1. Cassing atau bungkus luar komputer berfungsi untuk meletakkan komponen komponen lainnya seperti motherboard, CD/DVD Drive, Hardisk, Power supplya, optical disk drive dan lain sebagainya yang mana membutuhkan Cassing sebagai tempat duduknya. Selain itu juga Cassing ini berfungsi untuk melindungi komponen yang terdapat didalamnya terhindar dari debu.
  2. Motherboard merupakan induk dari beberapa komponen komputer lainnya yang tertancap didalamnya seperti Processor, Hardisk, VGA Card, USB Disk, RAM, Chipset, Kabel Power dan sebagainya.
  3. Processor merupakan alat kecil yang sangat canggih dan berfungsi Melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras.
  4. RAM  (Random Acces Memory) Berfungsi menampung data yang telah terproses oleh processor sebelum di alirkan kebagian-bagian yang membutuhkan. Fungsi RAM secara sederhana adalah sebagai media simpan sementara yang digunakan hanya saat computer menyala. Fungsi RAM: Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara bagi program yang sedang diproses, data pada memori ini akan hilang jika komputer mati. Memory bekerja dengan menyimpan & menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. Selain itu RAM juga mempunyai kapasitas memory yang berfungsi untuk mengatur kecepatan transfer data dari hardisk yang dibaca oleh Processor sehingga besar kecilnya ukuran memory RAM ini sangat berpengaruh.
  5. VGA (Virtual grapic adapter) yaitu kartu grafis yang tertancap pada slot motherboard yang berfungsi untuk menampilkan gambar pada layar monitor. Fungsi pada umumnya yaitu untuk memperbesar resolusi warna yang dihasilkan sehingga memberi kenyamanan disaat menggunakan aplikasi yang berkapasitas besar. seperti desain dan game 3D.
  6. Power Supplya yaitu alat yang digunakan untuk menyalurkan listrik agar komputer bisa menyala.
  7. Hardisk untuk tempat penginstallan operasi system sebuah komputer dan juga untuk menyimpan data atau dokumen
  8. sound card adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk merekam dan mengeluarkan suara.
  9. Opticaldisk drive yaitu lebih banyak dikenal dengan sebutan CD/DVD ROM, merupakan piranti yang digunakan untuk membaca dan menullis CD/DVD. Yang termasuk kedalam optical drive adalah : CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive
  10. Mouse Keyboard dan lain lain.

# Perangkat Lunak Komputer (Software)

Sering juga disebut sebagai aplikasi yang harus diinstall dan kemudian dijalankan sesuai kebutuhan penggunannya. Setidaknya perangkat lunak ini ada yang namanya Operasi system sebuah komputer seperti Windows XP, seven, vista, atau windows 8. Dan ada juga yang namanya aplikasi lainnya seperti aplikasi perkantoran meliputi Ms.Office. ada juga Aplikasi desain seperti coreldraw Photoshop auto cad, dll, aplikasi player seperti winamp, gom, windows media player, vlc, KMP, dll.

Kiranya artikel mengenai Komponen - Komponen Komputer / CPU Pada Umumnya yang bisa disampaikan kurang lebihnya bisa mencari refrensi lain. semoga bermanfaat.
Komponen - Komponen Komputer / CPU Pada Umumnya

Baca juga :
Pengertian Komputer Secara Umum

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.