Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanya Jawab Seputar Ramadhan Untuk Memperdalam Ilmu Agama Anak

Tanya Jawab Seputar Ramadhan Untuk Memperdalam Ilmu Agama Anak kiranya sangat bermanfaat dan membantu bagi orang tua yang memiliki anak dan sudah mulai memasuki masa akil baligh. Sebab anak di usia segitu biasanya sangat aktif ingin mengetahui apa saja yang dianggap baru baginya.

Dengan keingintahuan yang tinggi, biasanya anak banyak mengajukan pertanyaan kepada orang tua, kakak, atau orang yang lebih tua dari seumurannya. Berbagai macam pertanyaan akan disampaikan oleh sang anak, dan sepantasnya kita sebagai orang yang lebih tua memberikan jawaban atau penjelasan agar anak bisa menerima dengan jelas.
http://karangtarunabhaktibulang.blogspot.com/2014/07/tanya-jawab-seputar-ramadan-untuk-memperdalam-ilmu-agama-anak.html
Pada kesempatan kali ini, kami mencoba membagikan informasi berkaitan dengan pertanyaan seputar ramadhan untuk memperdalam ilmu agama yang mungkin menjadi salah satu keingintahuan anak ketika menghadapi bulan puasa untuk pertama kalinya. Berikut pertanyaan umum dan mendasar sekaligus jawaban yang biasanya menjadi bahan pertanyaan si anak.

Tanya Jawab Seputar Ramadhan

Apa puasa itu?
Kita cukup menjawab kepada anak didik kita dengan bahasa yang singkat dan jelas agar anak bisa menerima tanpa harus membuat anak itu malas mendengar perkataan kita. Oleh karena itu cukup dengan cara menjawab, puasa itu menahan dari makan dan minum mulai dari terbitnya fajar shodiq sampai terbenamnya matahari.

Namun jika ingin lebih lengkap lagi, bisa menjelaskan bahwa puasa dalam artian bahasa yakni berasal dari bahasa arab yang berarti menahan. Sedangkan secara istilah, puasa adalah menahan dari segala sesuatu yang bisa masuk kedalam perut (makan & minum dan lain sebagainya) mulai dari terbitnya fajar shodiq sampai dengan terbenamnya matahari.

Kenapa kita wajib berpuasa ramadhan?
Kita cukup menjawab, kita diwajibkan puasa karena kita adalah umat islam dan apabila kita meninggalkan maka kita mendapatkan dosa dan wajib menggantinya dikemudian hari. Jika ingin memeberikan jawaban yang lebih jelas lagi maka kita bisa menjelaskan bahwa puasa ramadhan diwajibkan sebab, alloh telah mewajibkan atas orang-orang sebelum kita untuk melaksanakan puasa.

Apa dan bagaimana sholat tarawih itu?
Sholat tarawih merupakan sholat sunnah yang ada dalam bulan ramadhan saja yang dilaksanakan setelah sholat isya'. Adapun untuk prakteknya yaitu melakukan sholat sunnah dengan jumlah rakaat sholat tarawih minimal dua rakaat satu salam, dan maksimal 20 rakaat 10 salam atau cukup 8 rakaat 4 salam.

Apa sih Tadarus Al-Qur'an itu?
Tadarus ialah kegiatan membaca al-qur'an secara bergantian selama bulan puasa yang dilalaksanakan setelah sholat tarawih dan witir, atau setelahnya sholat shubuh. Meski tidak dalam bulan ramadhan, tadarus al-qur'an sebenarnya adalah kegiatan yang sangat positif untuk meningkatkan kualitas keimanan kita sebagai orang islam.

Apa sih sahur dan apa sih buka puasa itu?
Sahur ialah kegiatan sunnah yang dianjurkan oleh nabi sebelum melaksanakan puasa di siang hari. Sahur bisa dilaksanakan setelah isya' sampai dengan fajar shodiq muncul. Sedangkan buka puasa ialah makan untuk membatalkan puasa kita, dalam artian bahwa kita sudah diperbolehkan buka puasa jika batas yang ditentukan sudah terlewati yakni setelah terbenamnya matahari di waktu maghrib.

Apa itu ta'jil?
Ta'jil atau takjil ialah menyegerakan buka puasa dengan makan-makanan dan minuman yang manis manis secukupnya dengan tujuan membatalkan puasa kita setelah sehari penuh menahan makan dan minum.

Apa si imsak itu?
Imsak berasal dari bahasa arab yang berarti menahan. Imsak adalah batas dimana kita mulai untuk tidak makan dan minum karena akan melaksanakan ibadah puasa. Meski demikian imsak bukan patokan awal waktu untuk memulai puasa melainkan untuk ihtiyat (hati-hati) karena akan masuk waktu puasa.

Semoga sedikit informasi mengenai tanya jawab seputar ramadhan untuk memperdalam ilmu agama anak diatas bisa bermanfaat paling tidak untuk anak-anak atau adik-adik kita

Tanya Jawab Seputar Ramadhan Untuk Memperdalam Ilmu Agama Anak