8 Feb 2015

6 Cara Melatih Kemampuan Berbicara Di Depan Publik

Pada dasarnya orang memiliki kemampuan berbicara, namun aakah kemampuan itu serta merta muncul lantas menjadi bagus dan baik kemudian bisa menginspirasi atau mempengaruhi pendengar, saya rasa tidak, kita perlu berlatih dan ini perlu proses untuk menjadi pembicara yang baik. Ada enam (6) cara jitu untuk melatih kemampuan berbicara, yaitu:
6 Cara Melatih Kemampuan Berbicara Di Depan Publik
1. PRACTICE
2. LISTEN
3. RECORDER AND WATCH
4. BE HONEST WITH YOURSELF
5. KNOW YOUR AUDIENCE AND SUBJECT
6. CARRY NOTES

6 Cara Melatih Kemampuan Berbicara Di Depan Publik

Kita akan mulai membahasnya satu persatu tentang 6 cara melatih kemampuan berbicara tersebut,

Pertama : BERLATIH (PRACTICE)

Berlatih berbicara di depan cermin
Berlatih adalah merupakan suatu kewajiban, dan seorang ahlipun masih membutuhkan latihan untuk bisa berbicara dengan baik didengar audience, dan informasi yang disampaikan itu benar-benar diterima dengan baik. Untuk memulai melatihnya, menghadaplah di depan cermin dan mulailah berbicara di depan cermin. Setelah itu berlatihlah berbicara di depan saudara anda.

Kedua : MENDENGARKAN (LISTEN)

Mendengarkan kritik dan saran dari teman
Dengarkan, Setelah kita berlatih berbicara di depan saudara, dengarkan komentar mereka, dengarkan kritikan mereka. Kita akan tahu point-point apa yang perlu diperbaiki dari saran dan kritik itu.

Ketiga : REKAM DAN LIHAT HASILNYA (RECORDER AND WATCH)

rekam dan dengarkan hasil latihan berbicara
Rekam diri kita saat kita berbicara kemudian lihat hasilnya berulang kali. Posisikan diri kita sebagai audience ketika melihat video itu dan jangan takut mengkritik diri sendiri.

Keempat : JUJUR DENGAN DIRI SENDIRI (BE HONEST WITH YOURSELF)

mencari informasi di website
Jujur dengan diri sendiri itu sangat penting, dengan begitu kita merasa wajib untuk memperbaiki kekurangan kita. Misalnya, saya kurang wawasan, dan saya tidak tahu apa yang sedang saya bicarakan. Dengan tahu dan jujur terhada diri sendiri, maka kita tahu apa yang harus kita lakukan, yaitu memperbaiki dengan cara mencari informasi di website, atau bisa membaca artikel untuk menambah wawasan itu.

Kelima : KENALI SIAPA AUDIENCE KITA (KNOW YOUR AUDIENCE AND SUBJECT)

kenali audience kita
Berbicara di depan publik, tentunya anda tidak perlu berkenalan satu persatu, yang penting anda tahu latar belakang kehidupan mereka apa, usia mereka berapa, dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa memilih kata kata yang tepat dan dapat dimengerti oleh pendengar dan mengetahui betul materi yang anda sampaikan. Kalau kita tahu subjeknya seperti apa, dan kita benar-benar menguasai materi kita itu, maka akan menjadi lacar dalam berbicara

Keenam : MEMBAWA CATATAN (CARRY NOTES)

membawa catatan kecil
Posisikan kita sebagai orang yang masih belum handal menghafal tentunya, terkadang kita terlupa dengan hal-hal yang penting di saat kita merasa gerogi. Misalnya saja kita lupa titel dari seorang pejabat, lupa nama perusahaan, atau lain sebagainya. Untuk meng-antisipasinya, kita bisa membawa catatan berupa catatan kecil supaya bisa dibentuk dengan mudah dan indah.

Nah demikian 6 cara melatih kemampuan berbicara di depan publik, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan selamat mencobanya di rumah, jangan pernah takut salah.
source:http://goo.gl/WJG6iv

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan gaya bahasa yang baik dan sopan. Kritik atau saran yang membangun sangat membantu penulis untuk berbagi informasi berikutnya.